Cute Sky Blue Bow Tie Pointer CJ's Blog: Pengenalan Komputer dan Bahasa Pemograman

2 Januari 2014

Pengenalan Komputer dan Bahasa Pemograman

Materi kuliah !
Semester: 1 
Kelas: Computer Programming 1 
Lecturer (Author) : Mr. Stenly Adam S.Com 
UNKLAB - Computer Science Faculty - 
 -edited by me-

1.1 Apa itu Komputer
Komputer adalah sebuah sistem. Sistem adaalah kumpulan dari komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk suatu tujuan tertentu. Sistem komputer terdiri dari:
  • Software (Perangkat Lunak)
  • Hardware (Perangkat Keras)
  • Brainware (User)
 Definisi secara spesifik, komputer adalah sebuah perlengkapan elektronik yang dapat mengitepretasikan dan mengeksekusi kumpulan langkah-langkah instruksi untuk kinerja 4 operasi dasar yaitu:
  • menerima data (input)
  • mengolah data (proses)
  • menampilkan hasil (output)
  • menyimpan data (storage)
Pada dasarnya ada 2 tipe program/software. Program yang melakukan tugas spesifik untuk user disebut dengan Application Program  (Photoshop, Ms. Office, etc..). Program yang melakukan tugas untuk mengontrol kinerja dari sistem komputer disebut System Program (sistem operasi). 
Hirarki dari hardware dan software komputer dapat dilihat pada gambar berikut ini:
 1.2 Organisasi Komputer
Untuk melakukan 4 operasi dasar (input, proses, output dan storage), komputer dibagi kedalam 4 unit : input unit, system unit, output unit dan external memory unit. 

a. Input unit 
    Input adalah mengirim data ke komputer untuk diproses. Data ditranslate ke dalam binary code dan disimpan ke dalam internal memory. Contoh perlengkapan input adalah mouse, keyboard, joystick, scanner, etc..
b. System unit
   Proses untuk menghasilkan output yang diinginkan dilakukan dalam system unit. Processor yang terdiri dari Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU) merupakan pusat aktivitas dari processor. internal memory atau sering disebut main memory merupakan primary storage terhadap  data yang akan diproses.
c. Output unit
   Output adalah hasil atau informasi yang dihasilkan oleh komputer. Contoh perlengkapan output adalah monitor (Visual Display Unit) , printer, etc..
d. External memory
   External memory adalah secondary storage untuk menyimpan data secara permanen. Contoh secondary storage adalah floopy disk/diskette, hard disk, CD-ROM, etc..

1.3 Microcomputer Hardware
Komponen hardware dari microcomputer atau yang dikenal sebagai personal komputer (PC) dibagi dalam 4 kategori utama, sama seperti organisasi komputer yang akan dibahas sebelumnya :
  • System Unit (Microprocessor, memory dan expansion slot)
  • Input device
  • Output device
  • Secondary Storage 


1.3.1           System unit
System unit terdapat motherboard, yang terdiri dari: Microprocessor,memory, expansion slot, dan port.
a.        Microprocessor atau CPU berfungsi mengambil instruksi dari memori dan memprosesnya.CPU terdiri dari CU dan ALU. CU berfungsi untuk mengontrol perpindahan data dalam CPU, sedangkan ALU berungsi melakukan operasi aritmatika dan logika data.
b.       Memory
Memory terbagi menjadi 4 jenis:  
  •  RAM (Random Access Memory) merupakan primary memory, yang bersifat volatile.
  • ROM (Read Only Memory) yang berupa chip untuk menyimpan data secara permanent, yang bersifat non volatile.
  •  Virtual memory yang merupakan bagian dari hard disk yang dipakai sebagai RAM.
  •  Cache memory merupakan chip memory yang berkecepatan tinggi dalam mengakses data.
c.        Expansion slot
Contohnya: USB(UNIVERSAL SERIAL BUS), AGP(ACCELERATED GRAPHICS PORT),dll.

1.3.2           Input device
Contoh: keyboard, mouse,voice recognition device,joystick,dll.

1.3.3           Output device
Contoh: monitor, printer, speaker.


1.3.4           Secondary storage
Secondary storage dapat berupa magnetic disk dan optical disk. 

1.4  Bahasa Pemograman
Bahasa Pemrograman- Perangkat lunak bahasa pemrograman (language software) merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (machine languange), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh computer. Ada 3 tipe bahasa pemograman:
1.       Machine language/bahasa mesin
Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada di dalam komputer yang biasanya diwakili oleh kode angka 1 (satu) dan 0 (nol).
2.       Low level language/ bahasa tingkat rendah
Bahasa asembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa assembly kebanyakan digunakan untuk pengendalian hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode biner, misalnya JNZ (jump non zero) yang artinya lompatlah jika tidak sama dengan nol.
3.       High level language/bahasa tingkat tinggi
Bahasa tingkat tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh user. Contoh:BASIC, LOGO, COBO,C,C++,JAVA,PASCAL,dll.
Adapun penerjemah bahasa pemrograman tingkat tinggi dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu assembler, kompiler, dan interpreter.
1) Asembler adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) ke dalam bahasa mesin.
2) Kompiler adalah program penerjemah yang mengonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan menjadi kode objek. Hasil berupa kode objek inilah yang dapat dijalankan oleh komputer. Proses untuk melakukan penerjemahan ini biasa disebut kompilasi.
3) Intepreter adalah program yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber kemudian menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut
 
Contoh program >>


/* contoh
 program sederhana menggunakan bahasa C++ */

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

using namespace std;
int main()
{
    cout<<"I am a programmer"<<endl;

getche ();
return 0;
}


/* contoh
Program sederhana menggunakan bahasa C */
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
                                                          
int main()                                                
{
    printf("I’m using C language");

getche ();
return 0;
}


Tidak ada komentar:

Posting Komentar