Semester: 1
Kelas: Computer Programming 1
Lecturer (Author) : Mr. Stenly Adam S.Com
UNKLAB - Computer Science Faculty -
-edited by me-
1.1 Apa itu Komputer
Komputer adalah sebuah sistem. Sistem adaalah kumpulan dari komponen-komponen yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk suatu tujuan tertentu. Sistem komputer terdiri dari:
- Software (Perangkat Lunak)
- Hardware (Perangkat Keras)
- Brainware (User)
- menerima data (input)
- mengolah data (proses)
- menampilkan hasil (output)
- menyimpan data (storage)
Hirarki dari hardware dan software komputer dapat dilihat pada gambar berikut ini:
1.2 Organisasi Komputer
Untuk melakukan 4 operasi dasar (input, proses, output dan storage), komputer dibagi kedalam 4 unit : input unit, system unit, output unit dan external memory unit.
a. Input unit
Input adalah mengirim data ke komputer untuk diproses. Data ditranslate ke dalam binary code dan disimpan ke dalam internal memory. Contoh perlengkapan input adalah mouse, keyboard, joystick, scanner, etc..
b. System unit
Proses untuk menghasilkan output yang diinginkan dilakukan dalam system unit. Processor yang terdiri dari Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU) merupakan pusat aktivitas dari processor. internal memory atau sering disebut main memory merupakan primary storage terhadap data yang akan diproses.
c. Output unit
Output adalah hasil atau informasi yang dihasilkan oleh komputer. Contoh perlengkapan output adalah monitor (Visual Display Unit) , printer, etc..
d. External memory
External memory adalah secondary storage untuk menyimpan data secara permanen. Contoh secondary storage adalah floopy disk/diskette, hard disk, CD-ROM, etc..
1.3 Microcomputer Hardware
Komponen hardware dari microcomputer atau yang dikenal sebagai personal komputer (PC) dibagi dalam 4 kategori utama, sama seperti organisasi komputer yang akan dibahas sebelumnya :
- System Unit (Microprocessor, memory dan expansion slot)
- Input device
- Output device
- Secondary Storage
1.3.1
System
unit
System
unit terdapat motherboard, yang terdiri dari: Microprocessor,memory, expansion
slot, dan port.
a.
Microprocessor
atau CPU berfungsi mengambil instruksi dari memori dan memprosesnya.CPU terdiri
dari CU dan ALU. CU berfungsi untuk mengontrol perpindahan data dalam CPU,
sedangkan ALU berungsi melakukan operasi aritmatika dan logika data.
b. Memory
Memory
terbagi menjadi 4 jenis:
- RAM (Random Access Memory) merupakan primary memory, yang bersifat volatile.
- ROM (Read Only Memory) yang berupa chip untuk menyimpan data secara permanent, yang bersifat non volatile.
- Virtual memory yang merupakan bagian dari hard disk yang dipakai sebagai RAM.
- Cache memory merupakan chip memory yang berkecepatan tinggi dalam mengakses data.
c.
Expansion
slot
Contohnya:
USB(UNIVERSAL SERIAL BUS), AGP(ACCELERATED GRAPHICS PORT),dll.
1.3.2
Input
device
Contoh:
keyboard, mouse,voice recognition device,joystick,dll.
1.3.3
Output
device
Contoh:
monitor, printer, speaker.
1.3.4 Secondary
storage
Secondary
storage dapat berupa magnetic disk dan optical disk.
Bahasa
Pemrograman- Perangkat
lunak bahasa pemrograman (language
software) merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan
perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (machine languange),
sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh computer. Ada 3 tipe bahasa
pemograman:
1. Machine
language/bahasa mesin
Bahasa ini
hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang
terdiri dari sekumpulan angka yang ada di dalam komputer yang biasanya diwakili
oleh kode angka 1 (satu) dan 0 (nol).
2. Low level
language/ bahasa tingkat rendah
Bahasa
asembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa
assembly kebanyakan digunakan untuk pengendalian hardware yang diwujudkan dalam
kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode biner, misalnya JNZ (jump non zero) yang
artinya lompatlah jika tidak sama dengan nol.
3.
High level language/bahasa
tingkat tinggi
Bahasa
tingkat tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh user.
Contoh:BASIC, LOGO, COBO,C,C++,JAVA,PASCAL,dll.
Adapun penerjemah bahasa
pemrograman tingkat tinggi dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu assembler,
kompiler, dan interpreter.
1) Asembler adalah program yang
digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) ke
dalam bahasa mesin.
2) Kompiler adalah program
penerjemah yang mengonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan
menjadi kode objek. Hasil berupa kode objek inilah yang dapat dijalankan oleh
komputer. Proses untuk melakukan penerjemahan ini biasa disebut kompilasi.
3) Intepreter adalah program yang
menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber kemudian menjalankan
instruksi yang telah diterjemahkan tersebut
Contoh program
>>
/* contoh
program sederhana menggunakan bahasa C++ */
#include
<iostream.h>
#include
<conio.h>
using
namespace std;
int main()
{
cout<<"I am a
programmer"<<endl;
getche ();
return 0;
}
/* contoh
Program
sederhana menggunakan bahasa C */
#include
<stdio.h>
#include
<conio.h>
int main()
{
printf("I’m using C language");
getche ();
return 0;
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar